Scroll untuk melanjutkan membaca
5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Tersesat

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Tersesat

Hai sobat saifuru, kembali lagi di artikel terbaru dari kami, kali ini kita akan bahas tentang tips memilih jurusan kuliah yang tepat.

Melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi adalah hal yang baik dan pastinya di impikan oleh siswa yang akan lulus SMA sederajat, akan tetapi keraguan dan kebingungan seringkali muncul pada siswa yang akan memilih jurusan saat kuliah.

tips memilih jurusan kuliah


Kenapa bingung? ya pasti banyak sekali yang dipertimbangkan mulai dari jarak kampus, biaya, propek kerja dan lain sebagainya.

Ada beberapa tips agar tidak bingung saat memilih jurusan kuliah yang tepat. Berikut ulasannya.


Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat


1. Kenali Minat dan Bakat

Tentunya dalam proses memperoleh pembelajaran akan lebih afdhol apabila kita mempelajari sesuatu yang kita minati atau kita memang berbakat dalam bidang tersebut. Dalam memilih jurusan kuliah pun demikian, sebisa mungkin kenali minat dan bakatmu sebelum melanjutkan jenjang kuliah lebih lanjut.

Ada banyak sekali jurusan kuliah di Indonesia, jadi coba tuliskan dulu minat dan bakat kita apa. Misalkan minat kita dalam pemrograman kita bisa lanjut kuliah dengan jurusan Teknik Informatika, atau bagi yang sekolahnya dulu SMA IPA dan sangat tertarik dengan dunia kesehatan, bisa mengambil jurusan Kedokteran, Farmasi, Perawat dan lain sebagainya.

Jadi coba tuliskan dulu minat dan bakat kita lagi riset jurusan kuliah yang sesuai.


2. Gali Potensi Diri

Potensi merupakan kemampuan yang berkemungkinan besar berkembang lebih lanjut atau teur grow. Memilih jurusan dengan melihat potensi diri akan menjadi hal yang baik kedepannya, karena memilih jurusan yang tepat sesuai dengan potensi bisa memberikan peluang berkembang dengan cepat.

Lalu bagaimana kita mengetahaui potensi diri? potensi biasanya muncul dari hobi yang positif dan relevan dengan karir, coba ingat-ingat hobi yang kita miliki apa. Namanya hobi pasti itu hal yang kita sukai bukan? dan pastinya kalau mempelajari lebih lanjut tentang hobi tersebut akan lebih menyenangkan.


3. Pelajari Jurusan yang Akan Dipilih

Ketika kita udah mengetahui minat, bakat atau potensi diri. Sekarang saatnya kita mempelajari list jurusan yang akan kita pikih.

Apa yang harus dipelajari?

- Lama kuliah

- Cara Masuk/Test Pendaftaran

- Propek Kerja

- Jenjang Karir Apabila Lulus dari Jurusan Tersebut

- Biaya Kuliah

- Kebutuhan Industri jurusan tersebut

Coba pelajari list di atas dan apabila kita menemukan sesuatu yang positif dan menarik bagi kita maka masuklah ke jurusan tersebut.


4. Hindari Ikut-Ikutan

Ya hal ini sangat penting, apabila kita memilih jurusan karena ikut-ikutan teman itu sangat beresiko dan konsekuensinya adalah menyesal.

Jadi lebih baik kita memilih jurusan kuliah dengan cara-cara yang telah disebutkan di atas, setidaknya kita memilih jurusan atas dasar keinginan pribadi dan telah melakukan riset jurusan walaupun akhirnya tidak sesuai yang diharapkan penyesalan pun tidak sedalam kalau kita memilih jurusan karena ikut-ikutan mayoritas.


5. Konsultasi Kepada yang Lebih Berpengalaman

Tisp terakhir saat memilih jurusan kuliah dari kami adalah berkonsultasi kepada yang lebih berpengalaman. 

Kepada siapa kita harus berkonsultasi? 

Kita bisa berkonsultasi kepada guru, orang tua, kaka tingkat, calon dosen kita dan mungkin bisa juga mengikuti test minat dan bakat untuk menentukan jurusan.

Dan jangan lupa berdoa juga ya, karena dengan doa kita sudah berkonsultasi dengan yang lebih berpengalaman yaitu Tuhan semesta alam yang mengatur kehidupan di dunia ini, pastinya Ia mengetahui apa yang lebih baik buat kita.


Wallahualam semoga bermanfaat artikel dari kami.


Subscribe melalui kolom newsletter di bawah untuk mendapatkan informasi dan berita terbaru dari kami.

Penulis : Saiful Afrirudin

Saiful Afrirudin
Cepat bosen, makanya selalu kepo dengan hal-hal baru. Semoga apa yang saya tulis bisa memberikan manfaat untuk semua. Baca juga tulisan lainnya disini
https://www.blog.ukomacademy.com/
https://blog.simbusptn.com/
Posting Komentar