Scroll untuk melanjutkan membaca
15 Istilah Dalam Perkuliahan yang Wajib Maba Ketahui

15 Istilah Dalam Perkuliahan yang Wajib Maba Ketahui

Mau kuliah dan jadi maba? masih bingung istilah di perkuliahan? yuk cari tahu di artikel berikut ini.

Sebelumnya, selamat ya kamu yang udah jadi maba, semoga perkuliahanmu lancar.

Istilah dalam perkuliahan seringkali membuat kita sebagai maba bingung, dan tidak jarang juga akan membuat mis komunikasi karena ketidaktahuan istilah tersebut.

Jadi, mengetahaui istilah dalam perkuliahan menjadi penting untuk kita ketahui. Langsung saja berikut daftar istilah dan pengertiannya.

istilah dalam perkuliahan


Daftar Istilah dala Dunia Perkuliahan


1. Asdos

Asdos adalah kepanjangan dari asisten dosen, jabatan ini bertugas untuk membantu dosen untuk menyiapkan bahan ajar, hingga menggantikannya ketika dosen berhalangan hadir.

2. SKS

Sering dengar istilah sks kan? SKS atau satuan kredit semester merupakan beban studi per mata kuliah. SKS menandakan durasi belajar. Misalkan matkul matematika terdapat 2 sks, maka kita akan belajar 2 jam matematika dalam seminggu.

3. Matkul

Matkul ialah satuan pelajaran untuk mahasiswa di tingkat perguruan tinggi. Ya kalau di SMK//SMA ini istilahnya mapel A.K.A mata pelajaran.

4. Beban Studi

Merupakan jumlah SKS yang harus ditempuh dalam satu semester. Misal dalam satu semester ada 22 SKS, 18 SKS dan sebagainya.

5. BEM

BEM merupakan singkatan dari Badan Eksekutif Mahasiswa. BEM adalah organisasi internal kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat perguruan tinggi. BEM biasanya dibagi 2 yakni BEM Fakultas dan BEM Universitas.

6. Dekan

Dekan adalah pejabat yang memimpin suatu fakultas. Ia adalah pemimpin administratif sekaligus pemimpin keakademikan tertinggi di fakultasnya.

7. UKOM

Istilah dalam dunia perkuliahan selanjutnya adalah ukom. UKOM atau Uji Kompetensi merupakan ujian akhir bagi mahasiswa tenaga kesehatan.

8. Fakultas

Fakultas merupakan sekumpulan jurusan yang mempelajari bidang keilmuan sejenis. Misalkan pada Fakultas Teknik itu terdapat jurusan Teknik Informatika, Teknik Industri dan sebagainya. Fakultas dipimpin oleh seorang dekan.

9. Prodi

Berdasarkan wikipedia, prodi atau program studi merupakan jurusan namun lebih spesifik lagi. Dalam artian lain prodi juga disebut peminatan atau konsentrasi dari satu jurusan.

10. KTM

Kartu Tanda Mahasiswa merupakan tanda pengenal mahasiswa yang menunjukan bahwa ia merupakan mahasiswa dari suatu universitas.

11. KKN

KKN merupakan kegiatan sosial yang diwajibkan kepada mahasiswa dengan cara melakukan pengabdian masyarakat di desa-desa tertentu.

12. NIM

NIM adalah nomor induk mahasiswa yang digunakan sebagai absen dan identitas unik suatu mahasiswa. NIM ini seperti NIK dalam Kartu Tanda Penduduk.

13. UKT

Uang Kuliah Tunggal (UKT) merupakan besaran biaya yang harus kita bayarkan pada kampus tiap semesternya. Jangan lupa bayar UKT ya biar kita bisa kuliah.

14. UKM

UKM alias Unit Kegiatan Mahasiswa adalah istilah ekstrakurikuler di tingkat perguruan tinggi. 

15. HIMA/HMJ

Himpunan Mahasiswa adalah organisasi mahasiswa yang mirip osis untuk per jurusan di peruguran tinggi.


Coba hafalkan istilah-istilah di atas agar kuliahmu makin asyik dan gak keliatan kudet (Kurang Update).

Masih banyak istilah lainnya, kita bisa pelajari sambil melaksanakan perkuliahan.

Saiful Afrirudin
Cepat bosen, makanya selalu kepo dengan hal-hal baru. Semoga apa yang saya tulis bisa memberikan manfaat untuk semua. Baca juga tulisan lainnya disini
https://www.blog.ukomacademy.com/
https://blog.simbusptn.com/
Posting Komentar