Scroll untuk melanjutkan membaca
Cara Menerbitkan Buku untuk Tugas Mahasiswa

Cara Menerbitkan Buku untuk Tugas Mahasiswa

cara menerbitkan buku


Hai, disini aku akan sharing cara menerbitkan buku untuk tugas mahasiswa

Sebagai seorang mahasiswa, kita mempunyai kewajiban untuk belajar dan mengerjakan tugas, nah tak sedikit mahasiswa yang mendapatkan tugas penerbitan buku. 

Topik yang diminta oleh dosen juga beragam, mulai dari fiksi, hingga ilmiah. Nah, disini saya akan memberikan informasi bagaimana cara menerbitkan buku baik itu untuk tugas kuliah ataupun keperluan pribadi.

Oiya, sebelum kita lanjut ke cara menerbitkan buku, ada hal yang perlu kita tahu tentang tipe-tipe penerbit.

Jadi penerbitan buku juga ada tipe-tipenya ya guys, tak semua penerbit buku bisa menerbitkan buku individual atau yang diterbitkan hanya untuk kebutuhan pribadi. Simak penjelasan berikut agar lebih paham.

1. Penerbit Mayor

Seperti namanya ya, jenis penerbitan ini adalah menerbitkan buku skala besar, tentunya tipe penerbit ini kurang cocok untuk mahasiswa yang hanya ingin menerbitkan buku untuk keperluan tugas ya.

Penerbit mayor memiliki spesifikasi yang ketat tentang naskah yang akan diterbitkan, dan biasanya akan mengikat kontrak perjanjian antara penerbit dan penulis.

2. Penerbit Indie

Penerbit Indie adalah versi litenya dari penerbit Mayor. Tipe penerbitan ini tidak seketat penerbit mayor, dan biasanya hanya mencetak buku sesuai pesanan penulis. Jadi penerbit Indie hanya menjadi jembatan penulis agar bisa menerbitkan buku sesuai standar internasional, masalah pemasaran atau penjualan diserahkan langsung kepada penulis.

Tipe penerbitan ini bisa menjadi opsi untuk mahasiswa yang ingin menerbitkan buku dengan budget yang lebih murah.

3. Varnity Publisher

Hampir mirip dengan penerbit indie, namun biasanya penerbit Varnity Publisher sudah menawarkan berupa paket penerbitan, misalnya paket all in mulai dari editing naskah, layouting, pembuatan cover, terbit isbn hingga cetak berapa eksemplar.

Tipe penerbitan ini juga cocok untuk kantong mahasiswa.

4. Self Publishing

Nah untuk tipe penerbitan ini semua proses pembuatan buku kita lakukan sendiri ya guys, mulai dari pembuatan naskah, editing, proofreading, layouting hingga pembuatan cover.

Self publishing berarti semua proses penerbitan kita lakukan sendiri, seperti proses pembuatan buku yang tadi aku jelaskan, dan juga memproses ke percetakan secara mandiri. Kekurangannya self publishing tidak ber ISBN ya guys, sedangkan kebanyakan tugas yang diberikan seringkali harus menyertakan ISBN agar buku itu bisa mendapatkan nilai.


Jadi sudah tau ya beberapa tipe penerbitan yang ada dipasaran. Sekarang kita akan lanjut ke topik utama cara menerbitkan buku untuk tugas Kuliah.

Cara Menerbitkan Buku Melalui Penerbit

1. Pilih Penerbit Indie atau Varnity Publisher

Seperti yang telah dijelaskan di atas, penerbit indie dan varnity publisher bisa menghemat budget penerbitan dan tidak seketat penerbit mayor.

2. Pastikan Penerbit Sudah Menjadi Anggota IKAPI

Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) merupakan organisasi resmi para penerbit Indonesia, dan hal itu menjadi syarat sebuah buku mendapatkan nilai.

Jadi kita harus mencari penerbit buku anggota IKAPI agar penerbitan buku kita tidak sia-sia.

3. Siapkan Naskah Hingga Final 

Sebagai penulis, kita berkewajiban untuk menyiapkan naskah hingga final. Naskah final berarti naskah telah siap terbit, semua komponen yang dibutuhkan untuk sebuah buku sudah lengkap.

Setelah final, kita bisa mengirimkan ke penerbit untuk di proofreading (jika memang memilih paket yang termasuk editing/profreading).

4. Pilih Paket Penerbitan yang Sesuai Kebutuhan

Jika kita masih memerlukan penyuntingan atau minimal proofreading, maka sebisa mungkin pilihlah paket penerbitan yang sudah termasuk hal tersebut, selain itu paket yang sudah termasuk cover juga sangat menguntungkan kita. Kecuali memang kita pandai mendesain cover, kita tidak perlu meminta penerbit untuk mendesainnya.

5. Pastikan Buku ber-ISBN

ISBN (Internasional Standart Book Number) adalah penomoran buku internasional dan menjadi patokan buku kita bisa dinilai oleh pihak kampus. 

6. Mengirim Data Penerbitan, Naskah, Hingga Pembayaran

Setelah menentukan dan menyesuaikan ketentuan di atas, saatnya kita menghubungi penerbit yang dipilih dan mengisi data penerbitan buku, mengirim naskah, hingga melakukan pembayaran.


Kesimpulan

Secara garis besar menerbitkan buku untuk tugas mahasiswa terlihat mudah, akan tetapi ada hal-hal yang perlu di perhatikan agar mendapatkan hasil penerbitan yang sesuai dengan kriteria tugas.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan. Dukung blog ini agar tetap memberikan informasi yang bermanfaat dengan cara membagikan tautan artikel kepada rekan sejawat.

Saiful Afrirudin
Cepat bosen, makanya selalu kepo dengan hal-hal baru. Semoga apa yang saya tulis bisa memberikan manfaat untuk semua. Baca juga tulisan lainnya disini
https://www.blog.ukomacademy.com/
https://blog.simbusptn.com/
Posting Komentar