Scroll untuk melanjutkan membaca
Rekomendasi Pilihan Prodi Persaingan Rendah di SNBT 2024

Rekomendasi Pilihan Prodi Persaingan Rendah di SNBT 2024


Seperti yang kita ketahui masuk ptn lewat jalur SNBT memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Bahkan untuk beberapa prodi, presentase kelulusannya hanya 2%, itu artinya dari 100 pendaftar hanya ada 2 orang yang diterima. 

Membayangkan betapa sulitnya masuk PTN lewat jalur SNBT sudah bikin pusing ya. Akan tetapi presentase kelulusan itu bisa meningkat kok, kalau kita memilih prodi yang tingkat persaingannya rendah.

Prodi apa saja yang memiliki tingkat persaingan rendah ? Nah itu tujuan artikel ini ditulis. Saya akan coba merekomendasikan prodi persaingan rendah snbt 2024, agar tingkat kelulusannya juga tinggi.


Rekomendasi Prodi Persaingan Rendah di SNBT 2024

Daftar berikut murni pendapat saya setelah melihat beberapa data minat dan daya tampung prodi di bawah ini pada jalur UTBK SNBT.

1. Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Prodi Sarjana (S1) Pendidikan Kepelatihan Olahraga merupakan program studi yang berfokus untuk menghasilkan lulusan yang bisa menjadi pelatih atau guru olahraga.

Prodi ini di beberapa PTN memiliki tingkat persaingan yang rendah, bahkan tingkat kelulusannya mencapai 90%.

2. D4 Teknik Sipil

Prodi dengan persaingan rendah selanjutnya adalah D4 Teknik Sipil. Prodi ini di beberapa PTN seperti di Institut Teknologi Sepuluh November memiliki tingkat persaingan yang rendah. 

3. D4 Agrowisata Bahari

Jurusan ini menawarkan prospek karir yang menjanjikan di sektor pariwisata dan kelautan. Kabar baiknya teman-teman yang minat prodi ini dan akan mendaftar melalui jalur snbt, tingkat persaingannya masih tergolong rendah.

Akan tetapi kita juga harus memperhatikan target PTN nya ya, apakah minatnya banyak atau tidak untuk jurusan tersebut.

4. D4 Teknologi Kelautan

Program Studi ini juga menjadi rekomendasi pilihan prodi di SNBT versi saya. Bukan tanpa alasan, selain prospek kerja yang bagus, tingkat persaingannya juga masih rendah.

5. Sarjana (S1) PPKN

S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan menyusul sebagai rekomendasi pilihan prodi di jalur SNBT 2024.

Lulusan dari prodi ini bisa menjadi guru PPKN, dan pastinya bisa naik jabatan sebagai P3K ataupun CPNS.


Demikian informasi mengenai pilihan prodi di jalur SNBT 2024. Semoga bisa membantu teman-teman menentukan jurusan atau pilihan program studi.

Saiful Afrirudin
Cepat bosen, makanya selalu kepo dengan hal-hal baru. Semoga apa yang saya tulis bisa memberikan manfaat untuk semua. Baca juga tulisan lainnya disini
https://www.blog.ukomacademy.com/
https://blog.simbusptn.com/
Posting Komentar