Scroll untuk melanjutkan membaca
Aplikasi Video Conference Selain Zoom

Aplikasi Video Conference Selain Zoom

Aplikasi daring sangat bermanfaat untuk menghubungkan orang-orang yang berada di lokasi yang berbeda. Hal ini sangat berguna dalam acara-acara seperti meeting online dan pembelajaran daring. Ada banyak aplikasi pembelajaran yang tersedia secara gratis.

Salah satu platform video conference yang cukup populer belakangan ini adalah Zoom Meeting. Platform ini sangat membantu dalam mengatasi masalah komunikasi jarak jauh dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti meeting, pembelajaran online, webinar dll.

Selain Zoom, ada berbagai macam platform yang tidak kalah bagus dari zoom. Bahkan beberapa di antaranya tidak memakan ruang penyimpanan yang besar.

alternatif aplikasi video conference


Apa itu Video Conference?

Video conference adalah fitur komunikasi jarak jauh yang memungkinkan beberapa orang untuk berkomunikasi secara real-time melalui video dan suara. 

Video conference dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti rapat, pembelajaran daring, atau komunikasi pribadi. Video conference dapat digunakan melalui berbagai aplikasi atau platform seperti Zoom, Skype, Google Meet, atau aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan. 

Video conference memungkinkan orang untuk melihat dan mendengar satu sama lain secara langsung dan membuat komunikasi lebih efektif dan interaktif. Fitur-fitur yang biasa disediakan pada video conference antara lain : fitur panggilan video, fitur panggilan suara, fitur pembagian layar, fitur recording, dll.


Aplikasi Video Conference Selain Zoom

Berikut ini ada beberapa aplikasi pembelajaran daring atau video conference selain zoom.

Google Meet

Aplikasi ini merupakan produk dari Google yang digunakan untuk video conferencing dan webinar. Google Meet memiliki fitur yang hampir sama dengan Zoom, seperti screen sharing, recording, dan breakout rooms.


Microsoft Teams

Aplikasi ini merupakan produk dari Microsoft yang digunakan untuk komunikasi, kolaborasi, dan berbagi file. Microsoft Teams juga memiliki fitur video conferencing dan webinar, serta fitur lain seperti chat, OneNote, dan OneDrive.


Cisco Webex

Aplikasi ini merupakan produk dari Cisco yang digunakan untuk video conferencing, webinar, dan kolaborasi. Cisco Webex memiliki fitur yang cukup lengkap, seperti screen sharing, recording, dan breakout rooms.


Blackboard Collaborate

Aplikasi ini merupakan produk dari Blackboard yang digunakan untuk pembelajaran daring. Blackboard Collaborate memiliki fitur yang cukup lengkap, seperti video conferencing, chat, dan whiteboard.


BigBlueButton

Aplikasi ini merupakan aplikasi open-source yang digunakan untuk pembelajaran daring. BigBlueButton memiliki fitur yang cukup lengkap, seperti video conferencing, screen sharing, chat, dan whiteboard.

Baca artikel lainnya di Blog Lokeruma

Jitsi Meet

Aplikasi ini juga merupakan aplikasi open-source yang digunakan untuk pembelajaran daring. Jitsi Meet memiliki fitur yang cukup lengkap, seperti video conferencing, screen sharing, chat, dan whiteboard.


CyberLink U Meeting

CyberLink U Meeting adalah aplikasi video conferencing yang dikembangkan oleh CyberLink, sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Taiwan. Aplikasi ini digunakan untuk video conferencing, webinar, dan kolaborasi. CyberLink U Meeting memiliki fitur yang cukup lengkap, seperti screen sharing, recording, breakout rooms, dan fitur keamanan yang baik.

Fitur-fitur CyberLink U Meeting antara lain:

  • Dukungan untuk kamera HD dan suara stereo
  • Fitur chat yang memungkinkan untuk komunikasi dengan peserta selama video conferencing
  • Fitur perekaman yang memungkinkan untuk merekam pertemuan dan menyimpannya untuk dilihat kembali
  • Fitur pembagian layar yang memungkinkan untuk menampilkan konten dari beberapa sumber sekaligus
  • Fitur keamanan yang memungkinkan untuk mengatur hak akses dan mengendalikan pertemuan


RingCentral Meetings

RingCentral Meetings adalah sebuah aplikasi video conferencing yang dikembangkan oleh RingCentral, perusahaan teknologi yang berbasis di Amerika Serikat. Aplikasi ini digunakan untuk video conferencing, webinar, dan kolaborasi. RingCentral Meetings memiliki fitur yang cukup lengkap, seperti screen sharing, recording, breakout rooms, serta kolaborasi real-time, seperti percakapan live, whiteboard, dan file sharing.

Fitur-fitur RingCentral Meetings antara lain:

  • Dukungan untuk kamera HD dan suara stereo
  • Fitur chat yang memungkinkan untuk komunikasi dengan peserta selama video conferencing
  • Fitur perekaman yang memungkinkan untuk merekam pertemuan dan menyimpannya untuk dilihat kembali
  • Fitur pembagian layar yang memungkinkan untuk menampilkan konten dari beberapa sumber sekaligus
  • Fitur keamanan yang memungkinkan untuk mengatur hak akses dan mengendalikan pertemuan
  • Integrasi dengan berbagai platform seperti Google, Microsoft, dan Salesforce


Skype

Skype adalah aplikasi yang digunakan untuk komunikasi jarak jauh melalui internet. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan yang bernama Skype Technologies dan saat ini dimiliki oleh Microsoft. Skype menyediakan berbagai fitur seperti panggilan suara, video, chat, dan berbagi file. Aplikasi ini dapat digunakan untuk komunikasi antar individu atau antar kelompok, baik di dalam maupun di luar organisasi.


Awor

Aplikasi online yang cocok untuk melakukan berbagai kegiatan daring seperti pembelajaran dan lainnya adalah Awor. Awor merupakan platform yang dikembangkan oleh anak negeri yang patut diapresiasi. 

Layanannya memungkinkan perusahaan untuk mengakses dengan privasi yang baik dan mudah, serta memberikan pengamanan ganda pada obrolan. 

Fitur-fitur Awor seperti video conference, management meeting, dan management anggota sangat bermanfaat bagi perusahaan. Meski terdapat layanan gratis, Awor juga menyediakan layanan berbayar yang memiliki fitur yang lebih lengkap.


Discord

Discord adalah aplikasi yang digunakan untuk komunikasi jarak jauh melalui internet, yang dikembangkan oleh Discord Inc. Aplikasi ini ditujukan untuk komunitas online seperti game, podcast, atau proyek open-source. Discord menyediakan berbagai fitur seperti panggilan suara, video, chat, dan berbagi file. Discord juga menyediakan fitur voice channels, yang memungkinkan untuk panggilan suara dalam grup.


Tips Memaksimalkan Aplikasi Pembelajaran Daring

Buat jadwal belajar yang teratur : Buat jadwal belajar yang teratur dan tetapkan waktu yang sama setiap hari untuk belajar agar dapat membiasakan diri dengan rutinitas belajar.

Buat lingkungan belajar yang nyaman : Buat lingkungan belajar yang nyaman dengan cahaya yang baik, suhu yang nyaman, dan lingkungan yang tenang dan bebas dari gangguan.

Gunakan fitur yang tersedia : Pelajari seluruh fitur yang tersedia di aplikasi pembelajaran daring dan gunakan fitur-fitur tersebut untuk membuat pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan.

Bersikaplah aktif : Bersikaplah aktif dalam kelas dengan bertanya dan berdiskusi dengan guru dan teman sekelas.

Buat catatan : Buat catatan yang berguna untuk mengingat konsep-konsep yang diajarkan.

Isi form evaluasi : pastikan untuk mengisi form evaluasi setelah selesai belajar, ini akan membantu guru untuk mengevaluasi kemajuan anda dan memberikan masukan untuk pembelajaran berikutnya

Jangan malu untuk meminta bantuan : Jangan ragu untuk meminta bantuan dari guru atau teman sekelas jika anda mengalami kesulitan dalam pembelajaran daring.

Saiful Afrirudin
Cepat bosen, makanya selalu kepo dengan hal-hal baru. Semoga apa yang saya tulis bisa memberikan manfaat untuk semua. Baca juga tulisan lainnya disini
https://www.blog.ukomacademy.com/
https://blog.simbusptn.com/
Posting Komentar