Scroll untuk melanjutkan membaca
Contoh Soal TPS dan Soal Literasi SNBT 2024

Contoh Soal TPS dan Soal Literasi SNBT 2024


SNBT 2024 akan berbeda dengan format snbt tahun sebelumnya, dimana tahun 2024 snbt menggunakan format 7 subtes yang terdiri dari dua bagian besar yaitu soal tps dan soal literasi.

Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) dibagi menjadi empat yaitu Penalaran Umum, Pengetahuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Memahami Bacaan dan Menulis.

Sedangkan sisanya soal literasi yan terdiri dari Literasi dalam Bahasa Indonesia, Literasi dalam Bahasa Inggris dan Penalaran Matematika.

Selain 7 subtes terbaru, format soal utbk 2024 juga akan menambah model soal isian, sehingga akan menjadi 3 model soal yaitu soal pilihan ganda dengan pilihan lima jawaban, soal pilihan majemuk kompleks yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan memuat dua pilihan jawaban, dan soal melengkapi rumpang (soal isian).

Soal isian disini tidak perlu menulis rumus, melainkan hanya mengisi jawaban dalam bentuk angka pasti.

Setelah membaca penjelasan di atas, waktunya kita ke pembahasan utamanya yaitu contoh soal tps dan soal literasi snbt tahun 2024.


Soal TPS (Tes Potensi Skolastik) SNBT 2024


Penalaran Umum


Bacalah teks berikut untuk menjawab soal

Potensi perikanan di perairan Indonesia terdiri dari potensi lestari ikan laut yang diperkirakan sebesar 6,4 juta ton per tahun dan jumlah tangkapan yang diperbolehkan sebanyak 5,12 ton per tahun. Potensi itu baru dimanfaatkan sebesar 4 juta ton. Potensi perikanan tangkap Indonesia lebih dari US$15 miliar, perikanan air tawar lebih dari US$6 miliar, serta perikanan budidaya tambak dan udang windu sebesar US$ 10 miliar. 

Secara total, devisa dari kelautan dan peikanan dapat mencapai US$71 miliar tiap tahun. Dengan demikian, sangat logis jika sektor kelautan dijadikan sebagai alternatif pembangunan ekonomi sosial saat ini dan saat mendatang. Oleh karena itu potensi kelautan yang besar itu memerlukan penanganan serius dari pemerintah.

Adapun peluang pasa ekspor sektor perikanan adalah Jepang sebesar 40%, USA sebesar 15%, Eropa sebesar 20%, RRC sebesar 10%Hongskong sebesar 5%, Singapura sebesar 5% dan negara lainnya sebesar 5%. 

Kontribusi perikanan terhadap ekonomi nasional masih sangat jauh jika dibandingkan dengan potensi yang ada. Kontribusi perikanan ke negara baru mencapai US$ 2 miliar pada tahun 1998 atau sekitar 20,06%, kondisi ini masih sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan negara lain yang memiliki luas laut kecil, tetapi kontribusi ekonomi nasionalnya masih lebih tinggi.


1. Penyataan berikut yang dapat menjadi alasan bidang perikanan dijadikan sebagai alternatif potensi ekonomi Indonesia…

a. Devisa kelautan dan perikanan dapat mencapai US$71 miliar setiap tahun 

b. Indonesia memiliki potensi perikanan yang besar karena luas lautnya yang cukup besar, meskipun sumbangan terhadap ekomoni nasional belum mendominasi

c. Peluang pasar kelautan Indonesia juga tergolong besar, termasuk pasar domestik dan mancanegara

d. a dan b benar

e. Semua benar

Jawaban: E


2. . Jika sektor perikanan mengalami peningkatan angka PDB yang lebih besar maka...

a. Nelayan Indonesia akan lebih sejahtera karena pendapatannya ikut meningkat 

b. Kontribusi sektor perikanan pada ekonomi nasional akan mendominasi seluruh sektor 

c. Seluruh sektor akan ikut mengalami peningkatan PDB secara tidak langsung 

d. a dan b benar

e. b dan c benar 

Jawaban: D




Memahami Bacaan dan Menulis

Kandungan utama madu adalah gluktosa dan fruktosa. Madu mengandung protein, tepung sari, dan berbagai enzim pencernaan. Mengandung berbagai asam organik, seperti asam malat, sitrat, laktat, dan oksalat. Kaya akan vitamin A (aseroftol dan antiseroftol), fungsinya memelihara jaringan epitel, regenerasi rhodopsin di retina, pertumbuhan tulang dan gigi, vitamin B yang fungsinya untuk metabolisme gula dan protein, pertumbuhan dan rangsang saraf mata. Madu juga mengandung berbagai mineral kalsium, natrium, kalium, mengandung berbagai mineral kalsium, natrium, kalium, magnesium, besi, klor, fosfor, sulfur, dan yodium.

Meskipun madu merupakan larutan gula alami yang pekat dibuat oleh lebah madu, namun di dalam madu juga dijumpai adanya beberapa vitamin, yaitu vitamin A, golongan vitamin V, dan vitamin C. Di antara vitamin-vitamin tersebut, vitamin C adalah yang terbanyak jumlahnya yaitu 4 mg dalan setiap 100 gram madu. Dalam madu juga terdapai kandungan air sekitar 20%. Meskipun demikian, air dalam madu memegang peranan penting, yaitu sebagai media pelarut zat-zat makanan termasuk racun, anti-microbial, dan enzim. Bagi lebah madu, air dalam madu tersebut dapat membantu proses metabolisme dalam tubuhnya. Bagi manusia yang meminumnya, air ini dapat menambah cadangan dalam tubuh yang banyak fungsinya. Menurit standar, air dalam madu tidak boleh lebih dari 25%.


1. Judul yang tepat untuk bacaan di atas adalah…

a. Kandungan Alami dan Khasiat Madu

b. Komposisi Madu Alami

c. Manfaat Madu untuk Kesehatan

d. Kandungan Vitamin dalam Madu

e. Proses Lebah Manghasilkan Madu

Jawaban: A


2. . Simpulan yang tepat mengenai bacaan di atas adalah…

a. Kandungan alami madu sangat beragam, hal ini menyebabkan cairan ini berlinai ekonomis tinggi

b. Dari sekian banyak kandungan zat dalam madu, kandungan vitamin adalah zat yang paling banyak

c. Madu merupakan larutan gula dengan 20% air yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh manusia

d. Gluktosa dan fruktosa dalam madu berkhasiat untuk meningkatkan metabolisme tubuh manusia 

e. Madu memiliki nilai jual tinggi jika diolah dengan baik karena kandungannya yang beragam

Jawaban: C


Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Limbah yang dihasilkan dari suatu proses pengolahan makanan yang harus dipandang sebagai satu permasalahan serius dalam sanitasi. Penanganan limbah yang tidak memadai dapat menjadi sumber pencemaran yang membahayakan kesehatan. Limbah yang dihasilkan dari proses pengolahan makanan dapat berupa limbah padat maupun limbah cair. Limbah padat biasanya berupa bahan sisa yang tidak termanfaatkan dalam pengolahan, seperti contohnya adalah sisa-sisa bahan nabati


1. Permasalahan pokok yang dibahas dalam teks tersebut adalah…

a. Bahaya limbah bagi kesehatan manusia

b. Limbah sebagai sumber pencemaran udara dan air

c. Macam-macam limbah sisa pengelolaan

d. Limbah sebagai permasalahan serius dalam sanitasi

e. Cara penanganan limbah 

Jawaban: D


2. Persamaan dari kata “serius” yang terdapat pada baris ke dua paragraf tersebut, kecuali…

a. Genting

b. Akut

c. Kritis

d. Gawat

e. Lasat

Jawaban: E


Pengetahuan Kuantitaif

1. 2 adalah berapa persen dari 120 ?

a. 1,33 %

b. 13,3 %

c. 1,67 %

d. 16,7 %

e. 0,133 %

Jawaban: C


2. 8,785:0,06 =

a. 1,25

b. 1,255

c. 12,5

d. 12,05

e. 125,5

Jawaban: E


Contoh Soal Literasi SNBT 2024

Ini adalah bagian soal yang berbeda dari snbt sebelumnya, dimana sebelumnya menggunakan TKA sekarang menggunakan tes literasi.


Literasi dalam Bahasa Indonesia


Perhatikan ilustrasi berikut!

Setelah menentukan topik untuk tugas esai tentang tindak korupsi, Budi mencari data yang berkaitan dengan korupsi Dana Desa. Dalam pencariannya, Budi menemukan sebuah artikel yang memuat informasi seperti yang ia inginkan. Namun, Budi menemukan sebuah kejanggalan dalam artikel tersebut sehingga Budi pun batal menggunakannya sebagai sumber. Berikut bagian artikel yang memuat kejanggalan itu.

Penambahan anggaran Dana Desa ternyata disertai juga dengan peningkatan angka kasus korupsinya. Pada tahun 2015, pemerintah mengalokasikan Rp 20,67 triliun untuk Dana Desa, disusul dengan Rp 46,98 triliun di tahun 2016. Alokasi ini meningkat hingga Rp 60 triliun di tahun 2017 dan 2018. Angka penyerapan Dana Desa di tahun-tahun tersebut menunjukkan kenaikan dari 82,72 persen di tahun 2015 hingga 97,65 persen di 2016 dan 98,54 persen di 2017 hingga 99 persen di 2018. Sayangnya, kasus korupsi Dana Desa di tahun-tahun tersebut juga mengiringi kenaikan-kenaikan tersebut. Ada 17 kasus di tahun 2015, 41 kasus di 2017, 96 kasus di 2017, dan 27 kasus di semester pertama tahun 2018.

1. Kejanggalan apa yang ditemukan oleh Budi?

a. Tidak ada informasi mengenai jabatan pelaku korupsinya dalam pemerintahan desa. 

b. Angka kasus korupsi di tahun 2018 diambil sebagai indikator sebagai peningkatan. 

c. Tidak ada informasi mengenai rincian alokasi Dana Desa yang diselewengkan. 

d. Besaran kenaikan Dana Desa dari tahun ke tahun tidak sama. 

e. Penyerapan Dana Desa dari tahun ke tahun tidak sama.

Jawaban: B


Perhatikan teks berikut!

Pro Kontra Aturan Larangan Kantong Plastik Sekali Pakai

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengeluarkan kebijakan larangan kantong plastik sekali pakai di tempat perbelanjaan, seperti toko, swalayan, dan pasar rakyat mulai 1 Juli 2020. Meski telah disahkan, aturan yang tertuang dalam Pergub Nomor 142 tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan itu tetap memicu pro dan kontra. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jakarta, Andono Warih, menerangkan bahwa kebijakan tersebut dilakukan lantaran kantong plastik sekali pakai merupakan sampah yang jumlahnya sangat signifikan. Sebanyak 34 persen dari 39 juta ton sampah di TPST Bantargebang adalah kantong plastik sekali pakai. Jakarta terhitung sebagai daerah yang masih baru dalam menangani kasus pengurangan sampah plastik sekali pakai jika dibandingkan daerah-daerah lain, seperti Balikpapan, Banjarmasin, dan Bogor. 

Kebijakan ini disambut baik oleh Ketua Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta, Ellen Hidayat. Beliau mengaku telah melakukan sosialisasi dan memberikan pengawasan kepada para pedagang eceran agar menyediakan kantong belanja yang dapat dipakai berulang.

Namun, Ketua Akumindo, Ikhsan Ingratubun, menyatakan bahwa kebijakan ini akan memperberat para pelaku usaha kecil. Beliau juga berpendapat bahwa saat pandemi Covid-19, seharusnya ekonomi lebih diutamakan dibandingkan dengan lingkungan. Oleh karena itu, kebijakan tersebut perlu ditinjau ulang dan dievaluasi kembali.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Industri Plastik Indonesia (Inaplas), Budi Susanto Sadiman, juga mengaku keberatan karena kebijakan ini akan memukul industri dan berpotensi membuat sekitar 5.000 pekerja di pabrik plastik kehilangan pekerjaan. Dampak kebijakan ini akan meluas sampai ke industri bahan baku. Budi Susanto memperkirakan, industri bahan baku plastik bisa kehilangan pasar senilai Rp2,1 miliar per tahun untuk DKI Jakarta dan sekitarnya. 

Apabila larangan serupa meluas, ada potensi kehilangan pasar sampai Rp6 miliar per tahun. Padahal, pemerintah sedang membangun pabrik petrokimia untuk menekan impor bahan baku plastik dari 40 persen ke 30 persen. Pembangunan dan investasi puluhan miliar dolar bisa sia-sia apabila salah satu pasar industrinya ditutup.

2. Hal apa yang membuat pekerja pabrik plastik kehilangan pekerjaannya?

a. Dampak adanya pandemi Covid-19

b. Kesulitan bahan baku di industri plastik

c. Pembatasan investasi pada industri plastik

d. Adanya penurunan produksi di industri plastik

e. Pembangunan pabrik petrokimia oleh pemerintah

Jawaban: D


Literasi dalam Bahasa Inggris

1. Earthquake is any sudden shaking of the ground caused by the passage of seismic waves through Earth’s rocks. Seismic waves are produced when some form of energy stored in Earth’s crust is suddenly released, usually when masses of rock straining against one another suddenly fracture and “slip.” Earthquakes occur most often along geologic faults, narrow zones where rock masses move in relation to one another. The major fault lines of the world are located at the fringes of the huge tectonic plates that make up Earth’s crust.

Little was understood about earthquakes until the emergence of seismology at the beginning of the 20th century. Seismology, which involves the scientific study of all aspects of earthquakes, has yielded answers to such long-standing questions as why and how earthquakes occur. About 50,000 earthquakes large enough to be noticed without the aid of instruments occur annually over the entire Earth. Of these, approximately 100 are of sufficient size to produce substantial damage if their centers are near areas of habitation. Very great earthquakes occur on average about once per year. Over the centuries they have been responsible for millions of deaths and an incalculable amount of damage to property. 


What is the author’s attitude towards the topic of the passage?

A. Concerned

B. Critical

C. Informative

D. Satisfied

E. Optimistic

Jawaban: C



2. Feline chlamydial conjunctivitis is an infection caused by a bacterial organism (called Chlamydophila felis). The most common signs of chlamydia in cats involve the eyes or the upper respiratory tract (nose or throat), and only when infection is not treated does it spread to the lungs. Because chlamydia lives inside cells of the body and is not able to survive for long in the environment, spread of infection relies on direct or close contact with an infected cat. Following infection, the incubation period (the time between infection and development of clinical signs of disease) is between three and ten days. 

The bacteria primarily infects the conjunctiva, which are the delicate membranes lining the eyelids and covering the edges of the eyeballs. The infection causes inflammation known as conjunctivitis. In normal cats, the conjunctiva is not readily visible and has a pale, salmon pink color. In cats with conjunctivitis, the conjunctiva becomes swollen and red, making it more visible. The nictitating membrane or third eyelid in the inner corner of the eye may protrude partially across the eye. One or both eyes may be involved.

Affected cats initially develop a watery discharge from the eyes that quickly becomes thicker and is usually a yellow or greenish color. The eyes are uncomfortable and cats often keep the affected eye(s) closed. Many cats remain bright and otherwise appear normal, but some may develop a fever or lose their appetite. After one or two days, sniffles and sneezing may also occur. In kittens, the infection may spread to the lungs and cause fatal pneumonia.


What does the text mainly deal with? 

A. The process of chlamydia affliction in cats

B. An overview of feline chlamydial conjunctivitis 

C. Clinical signs of feline chlamydial conjunctivitis

D. The symptoms of feline chlamydial conjunctivitis 

E. Treatments for cats with chlamydia conjunctivitis 

Jawaban: B


Penalaran Matematika

Kelas 9 terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Rata-rata nilai ulangan Bahasa Indonesia di kelas tersebut adalah 85. Guru Bahasa Indonesia memberikan kesempatan remidi bagi siswa yang siswa yang memiliki memiliki nilai diba nilai dibawah 70. Ada lima siswa lima siswa dengan nilai dibawah dibawah 70 dengan nilai masing-masing adalah 64, 62, 60, 68, dan 66. Setelah remidi, kelima nilai siswa tersebut masing-masing naik 10 poin.


1. Misalkan rata-rata rata-rata nilai siswa perempuan perempuan sebelum sebelum remidi adalah 84, maka ratarata nilai siswa laki-laki sebelum remidi adalah? 

a. 85

b. 86,5

c. 80,5

d. 84,5

e. 86

Jawaban: B


2. Nilai rata-rata kelas tanpa memperhitungkan siswa yang remedial adalah? 

a. 89

b. 85,4

c. 86

d. 87,5

e. 89,2

Jawaban: E


Saiful Afrirudin
Cepat bosen, makanya selalu kepo dengan hal-hal baru. Semoga apa yang saya tulis bisa memberikan manfaat untuk semua. Baca juga tulisan lainnya disini
https://www.blog.ukomacademy.com/
https://blog.simbusptn.com/
Posting Komentar